Rabu, 10 Agustus 2011

web browser


Mempelajari Materi Web Browser


Dalam mempelajari dan memperdalam mengenai materi web browsertentu Anda mau tak mau harus bersentuhan dengan world wide web atau web saja yang merupakan suatu bentuk kumpulan informasi yang terangkai antara satu dengan yang lainnya dalam jaringan internet.
Informasi yang merupakan konten dari suatu web ini mempunyai koneksitas antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya, menghubungkan informasi yang satu dengan informasi lainnya dalam sebuah jaringan internet. Link ini biasanya memiliki tanda khusus, baik berupa ikon, teks, garis, dsb.

Dalam materi web browser ini ada dua hal penting yang harus dipahami yakni software web browser dan web browser atau dikenal denganbrowser saja. Keduanya memiliki hubungan server client dimanabrowser sebagai client dan software sebagai server.
Client disini membuat Anda berkemungkinan untuk melakukan interpretasi dan mengecek informasi di web dan server untuk menerima informasi sebagai permintaan dari browser.
Menyoal Hypertext Markup Language (HTML)
Apa itu HTML? Begitu familiar istilah HTML namun dipastikan banyak orang yang belum faham tentang apa itu HTML. HTML ini merupakan sebuah format data yang digunakan dalam membuat dokumenhypertext, yang bisa dibaca dari satu platform komputer yang satu dengan yang berbeda lainnya tanpa dilakukan perubahan apapun.
Dokumen ini bisa juga disebut markup language disebabkan terkandungnya suatu tanda-tanda untuk menentukan tingkat kepentingan dan tampilan suatu teks dalam satu dokumen.

Sebuah sistem yang bisa menghubung-hubungkan antara satu informasi dengan informasi lainnya melalui hypertext, lantas berubah menjadi hypermedia dimana link-link sebagai penghubung tersebut tak lagi berbentuk teks melainkan sudah berubah menjadi bentuk suara, gambar bahkan video.
Dalam sistem komputerhypertext merupakan interface pengguna dalam menampilkan dokumen yang mengandung referensi silang secara otomatis ke dokumen lainnya yang familiar disebut dengan hypelink.

Memilih dengan klik hyperlink memungkinkan sebuah komputer terkoneksasi dalam rentangan waktu yang sangat singkat. Dimana sebuah dokumen bisa dibuat secara dinamik dan statik. Karenanya, sebuah hypertext yang dilakukan upaya rekonstruksi bisa digunakan untuk menangani, menggunakan banyak interface pengguna lainnya seperti perintah dan menu.
Berbagai aplikasi dan dokumen bisa didapatkan secara lokal atau darimanapun sumbernya lewat bantuan sebuah jaringan komputer.
Ihwal Homepage
Anda pun saya yakin sudah mengenal apa itu homepageHomepage ini merupakan halaman pertama dari sebuah perusahaan atau organisasimiliki website tersebut.
Masing-masing informasi dalam suatu alamat website tersebut memiliki jaringan ke informasi yang lainnya, dan selalu saja bertautan. Setiap informasi yang terkodifikasi dalam halaman tersebut akan memiliki alamat URL khusus atau familiar dikenal dengan website.
HTTP
HTTP ini lebih berperan dalam menentukan suatu aturan yang wajib dilaksanakan oleh browser dalam mengambil atau meminta sebuah informasi, dan oleh server dalam menyediakan berbagai dokumen yang diminta.
URL
URL ini lebih tepatnya merupakan sarana untuk menetapkan lokus informasi dalam suatu server. Format umum suatu URL biasanya : transfer protokol://host/path/nama file. Protokol transfer ini digunakan untuk mengambil informasi. Host name yakni sebuah nama dari informasi tersebut berada. Path atau nama file merupakan jalur/ nama file dari suatu informasi.

Materi web browser ini penting dikuasai terutama oleh para praktisi jaringan komputer. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar